Cari Blog Ini

Lokomotif

BB201


Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 1964.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1425 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A)(A1A). Susunan gandarnya sama seperti lokomotif BB200.
Sampai akhir 2007, lokomotif BB201 yang masih beroperasi tinggal dua buah, yaitu BB201 03 dan BB201 10 yang dialokasikan di dipo lokomotif Purwokerto.

Profil lokomotif BB201

  • Panjang body : 13106 mm
  • Lebar body : 2819 mm
  • Berat kosong : 74 ton
  • Daya mesin : 1425 HP
  • Jumlah motor traksi : 4 buah
  • Kecepatan maksimum : 120 km/jam

 

BB202




Lokomotif BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupu lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki hidung (nose)
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A)(A1A). Susunan gandarnya serupa dengan lokomotifBB200 ataupun BB201.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Kertapati untuk dinasan kereta penumpang dan kereta barang.

Profil Lokomotif BB202

  • Panjang body : 11582 mm
  • Lebar body : 2965 mm
  • Berat kosong : 62 ton
  • Daya mesin : 1100 HP
  • Jumlah motor traksi : 4 buah
  • Kecepatan maksimum : 100 km/jam

 

BB203




Lokomotif BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe keempat (U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 1978.
Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan sebagai gandar penggerak.
Jika lokomotif CC201 memiliki enam motor traksi, lokomotif BB203 hanya memiliki empat motor traksi.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Kertapati dan berjumlah lima buah, bernomor BB20302, BB20305, BB20306, BB20308, dan BB20310, lokomotif ini pernah beroperasi di Jawa tetapi sejak tahun 1989 semua lokomotif BB 203 di Jawa satu per satu mulai diubah menjadi CC201. Untuk membedakan yang mana lokomotif hasil rehabilitasi BB 203 menjadi CC 201, huruf belakang tulisan nomor loko yang di-rehab adalah R. Contoh: CC 201 73R
Berkut ini daftar lokomotif BB 203 yang diubah menjadi CC 201:

  • Periode 1989-1990
  1. BB20343 - CC20173R
  2. BB20349 - CC20174R
  3. BB20350 - CC20175R
  4. BB20344 - CC20176R
  5. BB20353 - CC20177R
  6. BB20354 - CC20178R
  7. BB20357 - CC20179R
  8. BB20356 - CC20180R (sekarang menjadi CC 20180 setelah tabrakan di stasiun Kapas)
  9. BB20347 - CC20181R
  10. BB20358 - CC20182R
  11. BB20351 - CC20183R
  12. BB20355 - CC20184R
  13. BB20359 - CC20185R
  14. BB20342 - CC20186R (salah satu CC 201 dengan kabin masinis wide cab dan bentuknya menyerupai CC 203. Digunakan oleh Dipo Lokomotif Kertapati, Sumatera)
  15. BB20346 - CC20187R
  16. BB20348 - CC20188R
  17. BB20345 - CC20189R
  18. BB20352 - CC20190R
  • Periode 1993
  1. BB20337 - CC201111R (salah satu CC 201 dengan kabin masinis wide cab dan bentuknya menyerupai CC 203)
  2. BB20341 - CC201112R
  • Periode 1998-1999
  1. BB20321 - CC201126R
  2. BB20327 - CC201127R
  3. BB20328 - CC201128R
  • Periode 2004
  1. BB20320 - CC201138R
  2. BB20325 - CC201139R
  3. BB20322 - CC201140R
  4. BB20326 - CC201141R
  5. Profil Lokomotif BB203

    • Dimensi
      BB203
    1. Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
    2. Panjang body: 14134 mm
    3. Jarak antara alat perangkai: 15214 mm
    4. Lebar badan (body): 2642 mm
    5. Tinggi maksimum: 3636 mm
    6. Jarak gandar: -
    7. Jarak antar pivot: 7680 mm
    8. Diameter roda penggerak: 914 mm
    9. Diameter roda idle: -
    10. Tinggi alat perangkai: 770 mm
    • Berat
    1. Berat kosong: 76 ton
    2. Berat siap: 81 ton
    3. Berat adhesi: 56 ton
    • Motor Diesel
    1. Tipe: GE-7FDL8
    2. Jenis: 4 langkah, turbocharger
    3. Daya Mesin: 1500 HP
    4. Daya ke generator/converter: 1380 HP
    • Motor Traksi/Converter
    1. Jumlah motor traksi: 4
    2. Tipe motor: GM D-29, arus searah
    3. Gear ratio: 93 : 18
    • Kinerja
    1. Kecepatan maksimum: 90 km/jam
    2. Gaya tarik maksimum (adhesi): 16464 kgf
    3. Kecepatan minimum kontinu: -
    4. Jari-jari lengkung terkecil: 56.7 m
    • Kapasitas
    1. Bahan bakar: 3028 liter
    2. Minyak pelumas: 984 liter
    3. Air pendingin: 682 liter
    4. Pasir: 510 liter
    • Lain-lain
    1. Sistem rem: Udara tekan, dinamik, parkir
    2. Tipe kompresor: Gardner Denver WBO

 

BB204




Lokomotif BB 204 merupakan satu-satunya lokomotif di Indonesia buatan Eropa, yaitu SLM yang khusus dioperasikan pada jalan rel bergigi. Lokomotif ini sudah ada di Indonesia sejak 1981.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Bo' 2 Bo', artinya dua bogie dengan dua gandar penggerak dan satu bogie idle dua gandar.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II Sumatra Barat yang relnya bergigi.

Profil Lokomotif BB202

    BB204
  • Panjang body : 12600 mm
  • Lebar body : 2800 mm
  • Berat kosong : 52,8 ton
  • Daya mesin : 1230 HP
  • Jumlah motor traksi : 4 buah
  • Kecepatan maksimum : 60 km/jam
  • BB204

 

 

 

 

 

CC200




Lokomotif CC200 adalah lokomotif diesel pertama di Indonesia [1], buatan pabrik General Electric tahun 1953. Lokomotif diesel elektrikdengan berat 96 ton ini dipesan oleh Indonesia sebanyak 27 buah. Lokomotif CC200 yang tersisa sekarang berada di Dipo Lokomotif Cirebonyaitu CC20015 yang masih dirawat dengan baik untuk dilestarikan. Dua "saudara" terakhirnya, CC20008 dan CC20009 sudah dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta setelah dinyatakan pensiun.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1750 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co' 2 Co' artinya, lokomotif ini memiliki dua bogie penggerak masing-masing dengan 3 gandar penggerak dengan 6 motor traksi dan satu bogie idle yang terdiri dari 2 pasang roda.

 

CC201


Lokomotif CC201 adalah lokomotif buatan General Electric jenis U18C. Dibanding lokomotif tipe sebelumnya yaitu CC200, maka tipe CC201 mempunyai konstruksi yang lebih ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 HP. Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar atau 6 gandar penggerak dengan 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan. Di Indonesia, saat ini ada 135 loko CC201 yang masih beroperasi.


Profil Lokomotif CC201

  • Dimensi
  1. Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
  2. Panjang body: 14134 mm
  3. Jarak antara alat perangkai: 15214 mm
  4. Lebar badan (body): 2642 mm
  5. Tinggi maksimum: 3636 mm
  6. Jarak gandar: 3304 mm
  7. Jarak antar pivot: 7680 mm
  8. Diameter roda penggerak: 914 mm
  9. Diameter roda idle: -
  10. Tinggi alat perangkai: 770 mm
  • Berat
  1. Berat kosong: 78 ton
  2. Berat siap: 84 ton
  3. Berat adhesi: 84 ton
  • Motor Diesel
  1. Tipe: GE-7FDL8 ( Ford-Donaldson Diesel Eng. Corp )
  2. Jenis: 4 langkah, turbocharger
  3. Daya Mesin: 1950 HP
  4. Daya ke generator/converter: 1825 HP
  • Motor Traksi/Converter
  1. Jumlah motor traksi: 6
  2. Tipe motor: GE 761, arus searah ( DC-DC )
  3. Gear ratio: 90 : 21
  4. Tipe generator: GT 581
  • Kinerja
  1. Kecepatan maksimum: 120 km/jam
  2. Gaya tarik maksimum (adhesi): 17640 kgf
  3. Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
  4. Jari-jari lengkung terkecil: 56.7 m
  • Kapasitas
  1. Bahan bakar: 3028 liter
  2. Minyak pelumas: 984 liter
  3. Air pendingin: 684 liter
  • Lain-lain
  1. Sistem rem: Udara tekan, dinamik, parkir
  2. Tipe kompresor: Gardner Denver WBO

    Unit yang sudah tak beroperasi

    Dua buah lokomotif CC201, yaitu CC201 33 yang menarik rangkaian KA Senja IV jurusan Jakarta-Yogyakarta yang berangkat dari Purwokerto dan CC201 35 yang menarik rangkaian KA Maja jurusanMadiun-Jakarta yang berangkat dari Kroya bertabrakan di daerah gunung Payung, dekat jembatan sungai Serayu pada tanggal 21 Januari 1981. Pasca tabrakan, komponen mesin dan sasis dari kedua lokomotif tersebut digunakan untuk menggantikan komponen CC 201 yang masih beroperasi karena kerusakannya teramat parah dan dinyatakan sudah tidak layak beroperasi lagi.

 

CC202




Lokomotif CC 202 adalah lokomotif buatan General MotorsKanada. Lokomotif CC202 adalah lokomotif terberat di Indonesia yaitu 108 ton.
Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Armada lokomotif ini hanya terdapat diSumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut batu bara. Lokomotif ini berjumlah 39 buah dan berada di Dipo Lokomotif Tanjung Karang (Dipo Induk TNK). Pada bulan April, dipo ini kedatangan 9 buah lokomotif CC202, dan total menjadi 48 buah.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 2250 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co' Co'. Artinya, lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki tiga poros penggerak..

 

CC203




Lokomotif CC203 buatan General Electric dengan seri U20C merupakan pengembangan desain dari lokomotif CC201, yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis, serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar.
Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie, di mana setiap bogie mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor tersendiri.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150 HP.
Jumlah lokomotif ini adalah 37 buah di Jawa dan 4 buah di Sumatra Selatan.

CC 203 40, Lokomotif CC 203 yang Unik

Lokomotif CC 203 40 sebelumnya sama seperti lokomotif CC 203 yang lainnya, hingga mengalami kecelakaan KA di Pemalang 2 Oktober 2010 silam. Anehnya, setelah menyebabkan satu unit kereta kelas bisnis KA Senja Utama Semarang hancur, lokomotif ini hanya mengalami kerusakan ringan: lampu-lampunya pecah dan catnya mengelupas. Setelah diperbaiki di Balai Yasa Yogyakarta, lokomotif ini mengalami perubahan pada cowhanger/bempernya, yaitu pada bagian bawahnya sedikit menyembul ke depan berbentuk segitiga. Anda bisa menemukan CC 203 40 di Dipo Lokomotif Sidotopo atau sedang menarik rangkaian kereta api yang memiliki tujuan dari atau ke Kota Surabaya, seperti KA Rapih DhohoKA PenataranKA BimaKA Argo Bromo Anggrek, dan KA lainnya.

 

CC204




Lokomotif CC204 adalah sejenis lokomotif yang dirakit khusus di Indonesia, yaitu hasil kerja sama antara PT General Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yang bentuknya seperti CC201, dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203.
Keduanya sama-sama bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie, di mana setiap bogie mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri. Lokomotif ini mempunyai komponen komputer Brightstar Sirius yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi. Mayoritas lokomotif ini terletak di dipo lokomotif Bandung (BD). Lokomotif CC204 08 dan seterusnya dibeli oleh PT. Kereta Api Indonesiasenilai Rp 20.000.000.000,00. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong. Kecepatan maksimal lokomotif yang diperbolehkan adalah 120 km/jam.

Lokomotif CC204 produksi pertama (Nomor seri 01 - 07)


Lokomotif CC204 produksi pertama adalah lokomotif diesel elektrik dengan transmisi daya elektrik AC-DC yang merupakan hasil rehab dari lokomotif CC201 yang dilakukan pada tahun 2003 dan 2005. Kode yang digunakan untuk CC204 produksi pertama ini adalah C18-Mmi.
Ukuran utama, bagian rangka dasar, bogie, dan body sama dengan lokomotif CC201. Lokomotif CC204 01 - 07 dialokasikan di dipo induk Jatinegara, Yogyakarta, dan Sidotopo.
Berikut ini adalah daftar lokomotif CC201 yang dimodifikasi menjadi lokomotif CC204:
  • CC 201 03 menjadi CC 204 01
  • CC 201 11 menjadi CC 204 02
  • CC 201 16 menjadi CC 204 03
  • CC 201 37 menjadi CC 204 04
  • CC 201 32 menjadi CC 204 05
  • CC 201 06 menjadi CC 204 06
  • CC 201 12 menjadi CC 204 07

    Lokomotif CC204 produksi kedua (Nomor seri 08 dan seterusnya)


    Sejak tahun 2006, telah dioperasikan lokomotif CC204 baru yang mempunyai bentuk kabin yang berbeda dengan lokomotif CC204 01 - 07. Bentuk kabin lokomotif CC204 batch 2 sama dengan bentuk lokomotif CC203. Kode yang digunakan untuk CC204 produksi kedua adalah C20-EMP
    Namun, komponen lain seperti mesin diesel, motor traksi, bogie, dan seterusnya sama dengan lokomotif CC204 sebelumnya.

 

C300




Lokomotif C 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Karl Marx, JermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 330 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 30 km/jam. Lokomotif ini bergandar C', artinya lokomotif ini memiliki tiga gandar penggerak.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Tanah Abang dalam kondisi diusulkan untuk diafkir. Sementara loko C 300-11 masih digunakan sesekali untuk menarik gerbong kereta wisata di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah.
PROFIL LOKOMOTIF C300
  • Panjang body : 7100 mm
  • Lebar body : 2920 mm
  • Berat kosong : 28 ton
  • Daya mesin : 330 HP
  • Jumlah motor traksi : 1 buah
  • Kecepatan maksimum : 30 km/jam

 

D300




Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried KruppJermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 50 km/jam. Lokomotif ini bergandar D', artinya lokomotif ini memiliki empat gandar penggerak.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Cepu dan dipo lokomotif Cilacap.

Profil lokomotif d300:
  • Panjang body : 7384 mm
  • Lebar body : 2700 mm
  • Berat kosong : 32 ton
  • Daya mesin : 340 HP
  • Jumlah motor traksi : 1 buah
  • Kecepatan maksimum : 50 km/jam
  •  
D301



Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, JermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D300.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. D 301 biasa digunakan untuk melangsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Bergandar D', yang artinya memiliki empat gandar penggerak, lokomotif D 301 dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

Lokomotif ini terdapat di beberapa dipo lokomotif, antara lain :









§  Dipo Lokomotif Madiun (salah satunya D301 50 (no. baru: D301 61 21)


§  Dipo Lokomotif Surabaya Pasar Turi                                                                                                                   

§  Profil lokomotif D301 :

  •  

§  Panjang body : 7370 mm

§  Lebar body : 2700 mm

§  Berat kosong : 26,6 ton

§  Daya mesin : 340 HP

§  Jumlah motor traksi : 1 buah

§  Kecepatan maksimum : 50 km/jam

BB300
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBFeU9c9S8-MR6LQhMvw4OnT8v3lFTeISAU-zzNriJHDWlmAfozbf5NeHTW9nhYCk3YfUHjtgBFdRmpGrYyTgvpP8vPNaWmemXyRt8XhtKN0P8Kj2Zf5XSR2q1l6m2NR5_9T03MSnTNVPc/s320/hhh.jpg
Lokomotif BB 300 adalah lokomotif diesel hidrolik pertama di Indonesia buatan pabrik Fried KruppJermanLokomotif ini mulai dinas sejak1958.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam. Lokomotif ini bergandar Bo' Bo', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Lokomotif ini terdapat di beberapa dipo lokomotif, antara lain :
§  Dipo Lokomotif Bandung
§  Dipo Lokomotif Tanah Abang
§  Dipo Lokomotif Semarang Poncol
§  Dipo Lokomotif Solo
§  Dipo Lokomotif Sidotopo
§  Dipo Lokomotif Kutoarjo 
§   
§  Profil Lokomotif BB300
§  Panjang body : 10000 mm
  •  
§  Lebar body : 2720 mm
§  Berat kosong : 33.6 ton
§  Daya mesin : 680 HP
§  Jumlah motor traksi : 1 buah
§  Kecepatan maksimum : 75 km/jam
§  Mesin : MTU-Mercedes Benz
§  Kapasitas bahan bakar : 1860 Liter
§  Kapasitas pasir : 246 Liter
§  Kapasitas minyak hidrolik : 715 Liter


     

    BB301




    Lokomotif BB 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman.Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
    Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton.Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang atau pun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar Bo' Bo', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan..
    Di Indonesia, terdapat 55 buah lokomotif BB301, namun banyak di antaranya yang sudah tidak beroperasi karena ada yang mengalami rusak berat dan ada pula yang sudah uzur termakan usia. Lokomotif ini terdapat di beberapa dipo lokomotif, antara lain :
    Unit yang sudah tidak beroperasi di antaranya: BB 301 01, BB 301 02, BB301 03, BB301 04, BB 301 05, BB 301 06, BB 301 07, BB 301 10, BB301 13, BB 301 15, BB 301 16, BB 301 19, BB 301 20, BB 301 21, BB 301 22, BB 301 27, BB 301 29, BB 301 30, BB 301 31, BB 301 32, BB 301 33, BB 301 36, BB 301 37, BB 301 38, BB301 40, BB 301 42, BB 301 43, BB 301 44, BB 301 45, BB 301 46, BB 301 47, BB 301 48, BB 301 49, BB 301 50, BB 301 51, BB 301 52, BB 301 53, BB 301 54 dan BB 301 55.
    Keterangan: Yang dicetak tebal pada tabel di atas berarti nomor pada lokomotif tersebut telah berganti dengan nomor baru sesuai dengan amanat Peraturan Kementerian Perhubungan RI No. 45/2010.
    Profil Lokomotif BB301:
    • Panjang body : 11700 mm
    • Lebar body : 2800 mm
    • Berat kosong : 48 ton
    • Daya mesin : 1350 HP
    • Jumlah motor traksi : 1 buah
    • Kecepatan maksimum : 120 km/jam
    • Mesin : MTU-M 1500
    •  
       

    BB302




    Lokomotif BB 302 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, JermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1970.
    Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 900 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 80 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
    Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Medan.
    Profil Lokomotif BB302 :
    • Panjang body : 11200 mm
    • Lebar body : 2800 mm
    • Berat kosong : 40,9 ton
    • Daya mesin : 900 HP
    • Jumlah motor traksi : 1 buah
    • Kecepatan maksimum : 80 km/jam

     

    BB303




    Lokomotif BB303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, JermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
    Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan. Terdapat 57 lokomotif BB303 di Indonesia, namun ada yg sdh tidak beroperasi karena faktor usia (di antaranya BB303 11, BB303 28, BB303 29, & BB303 41) ketidaktersediaan suku cadang pengganti (di antaranya BB303 04, BB303 06 - BB303 09, BB303 12, BB303 27, BB303 37, BB303 39, & BB303 53), & rusak berat (di antaranya BB303 02, BB303 03, BB303 16 (Tragedi Bintaro), & BB303 42). Mayoritas lokomotif ini berada di dipo lokomotif Medan.
    Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Medan (di antaranya BB303 10, BB303 21, BB303 23, BB303 24, BB303 26, BB303 33 - BB303 35, BB303 44, BB303 51, & BB303 57), dipo lokomotif Padang (di antaranya BB303 25, BB303 46, BB303 48, BB303 50, BB303 52, dan BB303 54), dipo lokomotif Cirebon (BB303 49), Bandung (BB303 47), Tanah Abang (BB303 18), Cepu (BB303 31 - BB303 32), dan dipo lokomotifJember (BB303 01, BB303 05, dan BB303 38).
    Profil Lokomotif BB303 :
    • Panjang body : 11200 mm
    • Lebar body : 2800 mm
    • Berat kosong : 39,6 ton
    • Daya mesin : 1010 HP
    • Jumlah motor traksi : 1 buah
    • Kecepatan maksimum : 90 km/jam

    BB304

    Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, JermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barangLokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.


    Penggunaan di Indonesia :
    Di Indonesia, lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Tanah Abang (di antaranya BB304 06, BB304 11 - BB304 14, BB304 16, BB304 18 - BB304 19, BB304 22 - BB304 25), dipo lokomotif Cepu, dan di dipo lokomotif Jember (BB304 02 dan BB304 03).
    Unit yang sudah tidak beroperasi di antaranya: BB304 05 & BB304 08.

    BB305

    Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1978. Lokomotif ini dibagi menjadi dua versi, yakni lokomotif BB305 nomor seri 01, 02, dan 03, dan lokomotif BB305 dengan nomor seri 04 - 06.


    Profil Lokomotif BB305 :



    • Panjang body : 11734 mm
    • Lebar body : 2920 mm (nomor seri 01, 02, dan 03) dan 2870 mm (nomor seri 04 - 06)
    • Berat kosong : 48 ton
    • Daya mesin : 1550 HP
    • Jumlah motor traksi : 1 buah
    • Kecepatan maksimum : 120 km/jam

    BB306

    Lokomotif BB306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang (salah satunya BB306 16 (Tragedi Bintaro)). Lokomotif ini hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota (dipo lokomotif Tanah Abang) (di antaranya BB306 03, BB306 08, BB306 10 - BB306 11, BB306 17 - BB306 19), dipo lokomotif Medan (di antaranya BB306 20 & BB306 21), dan dipo lokomotif Padang (di antaranya BB306 12 - BB306 14).