Cari Blog Ini

Rabu, 04 Mei 2011

Argo Bromo Anggrek


Kereta Api Argo Bromo Anggrek adalah kereta api kelas eksekutif argo tertinggi yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Jakarta (GMR) - Surabaya Pasar Turi dan sebaliknya.
KA Argo Bromo Anggrek merupakan kereta api tercepat, ternyaman, dan bergengsi di seluruh Indonesia dan merupakan kebanggaan PT. KAI (Persero). Kereta api ini menempuh perjalanan sejauh 725 km selama 9 jam. KA Argo Bromo Anggrek dengan kapasitas 350 penumpang dengan membawa 7 rangkaian gerbong kelas eksekutif argo anggrek dan sepanjang perjalanan kereta api Argo Bromo Anggrek hanya berhenti di Semarang TawangPekalongan dan Jatinegara (arah Jakarta).
KA Argo Bromo Anggrek mulai dioperasikan pada tanggal 24 September 1997. Produk ini merupakan pengembangan dari KA Argo Bromo JS-950 yang diresmikan pertama kali perjalanannya oleh Presiden RI pada tanggal 31 Juli 1995 menandai Hari Teknologi Nasional 12 Agustus 1995.
Brand Bromo diambil dari nama satu gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Panorama Wisata Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 m ini selain menyimpan makna ritual cultural dan religius juga menyajikan keindahan kawah dan keasrian alam lingkungannya yang membuat kawasan Gunung Bromo menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata utama turis domesyik maupun mancanegara. Sebutan Anggrek digunakan untuk menandai adanya derivative merk dari produk sebelumnya, sehingga warna eksterior kereta tersebut disesuaikan dengan paduan warna setangkai bunga anggrek.
KA Argo Bromo Anggrek menyediakan sarana hiburan selama dalam perjalanan berupa tayangan audio/video (Show On Rail). Selain sarana hiburan penumpang dapat juga memesan makanan dan minuman sesuai dengan menu pilihan yang disediakan dan bisa dinikmati baik di tempat duduk masing-masing maupun di kereta restorasi yang didesain sebagai mini bar yang dilengkapi dengan fasilitas untuk berkaraoke. Semua ini sengaja didesain untuk membuat penumpang seolah-olah berada di dalam hotel berjalan, sehingga perjalanan bersama Argo Bromo Anggrek diharapkan dapat menghemat biaya akomodasi hotel dan setibanya di tujuan dalam kondisi fresh. Untuk sementara sejak Desember 2010, rangkaian KA Argo Bromo Anggrek diganti dengan gerbong KA Sembrani kelas eksekutif (seperti) pesawat dan gerbong KA lain kelas eksekutif argo standar (K1) karena rangkaian gerbong kelas eksekutif argo anggrek (K9) sedang direnovasi di INKA Madiun. Nantinya rangkaian gerbong KA Argo Bromo Anggrek kelas argo anggrek (K9) akan memiliki eksterior putih dan bergaris hijau sepanjang rangkaian dan di samping ada tulisan 'GO GREEN'. Rangkaian ini sebagian besar sudah selesai di INKA Madiun, dan nanti akan siap menghiasi panorama alam pulau Jawa bagian utara. Rangkaian KA Argo Bromo Anggrek terdiri dari 5-7 gerbong kelas eksekutif argo anggrek (K9), 1 kereta makan kelas eksekutif argo anggrek (KM), 1 kereta pembangkit (MP), dan 1 kereta barang (B).

Tabel interior kereta api Argo Bromo Anggrek

Interior kereta api Argo Bromo Anggrek
Noitemketerangan
1Interior:Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakar
2jendela:Kaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tiraiUkuran & desain disesuaikan dengan aspek keselamatan & keamanan
3pintu ruangan:Sistem geser otomatis
4penyegar udara:2 set Air Conditioner (AC) tiap keretaTemperatur 21 – 260 C
5jenis bogie:K9/ CL243 bolsterless, dengan system suspensi ganda : conical rubber bounded dan air spring (pegas udara) serta dilengkapi vertical & horizontal shock absorberMemperhalus goncangan
6tempat duduk:* Kapasitas 50 tempat duduk perkereta
* Reclining & revolving seat system
   * Dilengkapi meja lipat & sandaran kaki
   * Desain ergonomis
Leluasa & nyaman
7Fasilitas keselamatan:Tabung pemadam kebakaran, emergency brake




4114033662 ab505ac148 z.jpg
Argo bromo Anggek sedang melintas di jalur pinggir pantai
Info
TipeEksekutif Argo
Stasiun terminusSurabaya Pasar Turi
Jakarta Gambir
Rute pelayanan1
Operasional
Dibuka24 September 1997
OperatorPT. Kereta Api Indonesia (persero)
Teknis
Panjang jalur725 km
[sembunyikan]Peta Rute
Continuation backward
ke Jakarta Kota
Unknown route-map component "BRÜCKEa"
Unknown route-map component "hBHF"
Jakarta Gambir
Unknown route-map component "BRÜCKEe"
Continuation to leftJunction from right
ke
Continuation to leftJunction to right
ke Tebet
Unknown route-map component "xpBHF"
Jakarta Manggarai
Unknown route-map component "KRWg+l"
+ Continuation to right
ke
Unknown route-map component "xpBHF"
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"
Jalan Tol Ir.Wiyoto Wiyono
Unknown route-map component "xpBHF"
Cirebon
Continuation to leftJunction to right
ke Ketanggungan
Continuation to leftJunction from right
ke Margasari
Unknown route-map component "xpBHF"
Tegal
Station on track
Pekalongan
Station on track
Semarang Tawang
Unknown route-map component "KRWg+l"
+ Continuation to right
ke Pelabuhan Tanjung Mas
Continuation to leftJunction to right
ke Solo
Unknown route-map component "exCONTr"Unknown route-map component "eABZrf"
Unknown route-map component "xpBHF"
Cepu
Junction to left
+ Continuation to right
ke Blora
Unknown route-map component "xpBHF"
Bojonegoro
Junction to left
+ Continuation to right
ke Jatirogo
Unknown route-map component "KRWg+l"
+ Continuation to right
ke Gresik
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"
Jalan Tol Surabaya-Gempol
Station on track
Surabaya Pasar Turi
Continuation to leftUnknown route-map component "ABZqlr"Continuation to right
Arrow Blue Left 001.svg Sidotopo – Tanjung Perak Arrow Blue Right 001.svg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar